Soal Uas dan Kunci Jawaban. yang berisi Pilihan Ganda dan Jawaban Pilihan Ganda UAS Silahkan di Download Untuk Mempelajari. Agar Siswa-Siswi Bisa Lebih Memahami dalam Menghadapi Ujian UAS. Semoga Bermanfaat....Yaaaa
SOAL UAS SOSIOLOGI KELAS XII DAN KUNCI JAWABAN
1. Dalam melaksanakan proses belajar mengajar agar interaksi sosial antara guru dan siswa bisa lancar dan berlangsung seimbang, maka diterapkan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif).
Dari contoh di atas dapat disimpulkan bahwa interaksi merupakan proses terjadinya ........
A. status dan peran
B. aksi dan reaksi
C. individu dan kelompok
D. asosiatif dan kooperatif
E. stratifikasi dan diferensiasi
2. Dalam interaksi sosial harus ada kontak dan komunikasi sosial. Di bawah ini yang termasuk komunikasi sekunder dalam interaksi sosial adalah ........
A. Anita menerima kiriman surat dari seseorang di luar negeri
B. Yudi berkata pada Yuni bahwa hari ini ada pentas seni
C. Kepala Sekolah menjelaskan tentang kedisiplinan para siswa
D. tawuran antara siswa STM dan SMA direkam oleh wartawan
E. seorang pedagang sedang menghitung jumlah keuntungannya
3. Pada hakikatnya, manusia adalah makhluk pribadi dan sekaligus makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia mempunyai kecenderungan untuk ........
Dari contoh di atas dapat disimpulkan bahwa interaksi merupakan proses terjadinya ........
A. status dan peran
B. aksi dan reaksi
C. individu dan kelompok
D. asosiatif dan kooperatif
E. stratifikasi dan diferensiasi
2. Dalam interaksi sosial harus ada kontak dan komunikasi sosial. Di bawah ini yang termasuk komunikasi sekunder dalam interaksi sosial adalah ........
A. Anita menerima kiriman surat dari seseorang di luar negeri
B. Yudi berkata pada Yuni bahwa hari ini ada pentas seni
C. Kepala Sekolah menjelaskan tentang kedisiplinan para siswa
D. tawuran antara siswa STM dan SMA direkam oleh wartawan
E. seorang pedagang sedang menghitung jumlah keuntungannya
3. Pada hakikatnya, manusia adalah makhluk pribadi dan sekaligus makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia mempunyai kecenderungan untuk ........
A. berinteraksi
B. berkompetisi
C. bekerjasama
D. berkuasa
E. berbeda
4. Nilai (value) adalah anggapan masyarakat tentang sesuatu yang diharapkan, indah, dan benar. Berdasarkan definisi tersebut, maka keberadaan nilai bersifat ........
A. abstrak dan ideal
B. konkret dan materiil
C. individual dan mutlak
D. status dan komunal
E. konkret dan mutlak
5. Hal mendasar yang membedakan antara norma hukum dan norma kebiasaan adalah ........
A. tempat
B. waktu
C. perintah
D. larangan
E. sanksi
6. Salah satu fungsi norma agama bagi kehidupan masyarakat adalah sebagai pedoman untuk........
A. memberikan batas-batas pada perilaku individu
B. mengidentifikasi individu dengan kelompoknya
C. mencapai kebahagiaan lahir batin (hakiki)
D. menjaga solidaritas masyarakat beragama
E. menjaga masyarakat dari bahaya narkoba
7. Sejak lahir hingga dewasa, individu terlibat dalam pergaulan sosial-budaya. Dalam proses tersebut, individu mendapatkan nilai, norma, dan peran sosial sehingga menjadi orang dewasa yang berguna bagi masyarakat. Proses belajar dalam pergaulan sosial-budaya tersebut dinamakan ........
B. berkompetisi
C. bekerjasama
D. berkuasa
E. berbeda
4. Nilai (value) adalah anggapan masyarakat tentang sesuatu yang diharapkan, indah, dan benar. Berdasarkan definisi tersebut, maka keberadaan nilai bersifat ........
A. abstrak dan ideal
B. konkret dan materiil
C. individual dan mutlak
D. status dan komunal
E. konkret dan mutlak
5. Hal mendasar yang membedakan antara norma hukum dan norma kebiasaan adalah ........
A. tempat
B. waktu
C. perintah
D. larangan
E. sanksi
6. Salah satu fungsi norma agama bagi kehidupan masyarakat adalah sebagai pedoman untuk........
A. memberikan batas-batas pada perilaku individu
B. mengidentifikasi individu dengan kelompoknya
C. mencapai kebahagiaan lahir batin (hakiki)
D. menjaga solidaritas masyarakat beragama
E. menjaga masyarakat dari bahaya narkoba
7. Sejak lahir hingga dewasa, individu terlibat dalam pergaulan sosial-budaya. Dalam proses tersebut, individu mendapatkan nilai, norma, dan peran sosial sehingga menjadi orang dewasa yang berguna bagi masyarakat. Proses belajar dalam pergaulan sosial-budaya tersebut dinamakan ........
A. interaksi
B. integrasi
C. sosialisasi
D. akomodasi
E. asimilasi
8. Dalam berinteraksi dengan teman sebaya, seorang anak secara bebas tanpa paksaan dapat menerima ataupun menolak perilaku yang baik sesuai nilai dan norma sosial. Bentuk sosialisasi pada contoh tersebut bersifat ........
A. otoritatif
B. ekualitatif
C. edukatif
D. interaktif
E. komunikatif
9. Arman yang dulunya berambut hitam tiba-tiba mengubah warna rambutnya menjadi pirang. Tindakan Arman tersebut dilakukan setelah sering melihat artis idolanya di televisi yang juga berambut pirang. Agen sosialisasi dari kasus tersebut adalah ........
B. integrasi
C. sosialisasi
D. akomodasi
E. asimilasi
8. Dalam berinteraksi dengan teman sebaya, seorang anak secara bebas tanpa paksaan dapat menerima ataupun menolak perilaku yang baik sesuai nilai dan norma sosial. Bentuk sosialisasi pada contoh tersebut bersifat ........
A. otoritatif
B. ekualitatif
C. edukatif
D. interaktif
E. komunikatif
9. Arman yang dulunya berambut hitam tiba-tiba mengubah warna rambutnya menjadi pirang. Tindakan Arman tersebut dilakukan setelah sering melihat artis idolanya di televisi yang juga berambut pirang. Agen sosialisasi dari kasus tersebut adalah ........
A. keluarga luas
B. teman sepermainan
C. sekolah formal
D. lingkungan kerja
E. media elektronik
10. Jika seorang pemuda terbiasa bergaul dengan orang-orang yang berperilaku menyimpang seperti berandalan, pemabuk, atau pecandu narkoba, maka lambat laun akan berperilaku menyimpang juga atau mengikuti perbuatan-perbuatan itu. Perilaku menyimpang yang dilakukan pemuda tersebut disebabkan oleh ........
A. sosialisasi sub-budaya menyimpang
B. pengaruh budaya asing menyimpang
C. tidak jelasnya norma dalam kelompok
D. proses belajar yang menyimpang
E. perbedaan budaya masyarakat
11. Jenis pengendalian sosial berupa berita yang menyebar secara tidak langsung dari sumbernya dan belum tentu kebenarannya, tetapi berfungsi efektif adalah ........
A. intimidasi
B. cemoohan
C. teguran
D. gosip
E. hukum
12. Setiap malam Ani selalu keluar, maka ia pun kemudian digosipkan sebagai wanita nakal. Mendengar dirinya digosipkan sebagai wanita nakal maka ia pun tidak suka lagi keluar malam. Dari kasus ini dapat disimpulkan bahwa gosip dapat berfungsi sebagai alat ........
A. pelapisan sosial
B. diferensiasi sosial
C. pengendalian sosial
D. perubahan sosial
E. sosialisasi efektif
B. teman sepermainan
C. sekolah formal
D. lingkungan kerja
E. media elektronik
10. Jika seorang pemuda terbiasa bergaul dengan orang-orang yang berperilaku menyimpang seperti berandalan, pemabuk, atau pecandu narkoba, maka lambat laun akan berperilaku menyimpang juga atau mengikuti perbuatan-perbuatan itu. Perilaku menyimpang yang dilakukan pemuda tersebut disebabkan oleh ........
A. sosialisasi sub-budaya menyimpang
B. pengaruh budaya asing menyimpang
C. tidak jelasnya norma dalam kelompok
D. proses belajar yang menyimpang
E. perbedaan budaya masyarakat
11. Jenis pengendalian sosial berupa berita yang menyebar secara tidak langsung dari sumbernya dan belum tentu kebenarannya, tetapi berfungsi efektif adalah ........
A. intimidasi
B. cemoohan
C. teguran
D. gosip
E. hukum
12. Setiap malam Ani selalu keluar, maka ia pun kemudian digosipkan sebagai wanita nakal. Mendengar dirinya digosipkan sebagai wanita nakal maka ia pun tidak suka lagi keluar malam. Dari kasus ini dapat disimpulkan bahwa gosip dapat berfungsi sebagai alat ........
A. pelapisan sosial
B. diferensiasi sosial
C. pengendalian sosial
D. perubahan sosial
E. sosialisasi efektif
13. Perhatikan daftar unsur sosial berikut ini!
1. status sosial dalam masyarakat
2. konflik sosial dalam masyarakat
3. lembaga sosial dalam masyarakat
4. interaksi sosial dalam masyarakat
Berdasarkan daftar di atas, unsur utama pembentuk struktur sosial adalah ........
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
14. Perhatikan gambar piramida sosial berikut!
Keterangan :
1. status sosial dalam masyarakat
2. konflik sosial dalam masyarakat
3. lembaga sosial dalam masyarakat
4. interaksi sosial dalam masyarakat
Berdasarkan daftar di atas, unsur utama pembentuk struktur sosial adalah ........
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
14. Perhatikan gambar piramida sosial berikut!
Keterangan :
1. Pengusaha
2. Pegawai
3. Rakyat
Kesimpulan dari gambar di atas adalah ........
A. kelas atas memiliki kekayaan banyak dan jumlah anggota mayoritas
B. kelas menengah memiliki kekayaan dan jumlah anggota minoritas
C. kelas bawah tergolong tidak mampu dan jumlah anggota minoritas
D. kelas atas memiliki kekayaan banyak dan jumlah anggota minoritas
E. kelompok menengah dan bawah berpendapatan rendah
15. Diferensiasi sosial dapat terjadi akibat perbedaan individu dalam apresiasinya terhadap seni. Berdasarkan pernyataan tersebut, berarti penggolongan masyarakat dapat didasarkan atas ........
A. jenis kelamin
B. sosial budaya
C. suku bangsa
D. ciri fisik
E. jenis pekerjaan
16. Konflik antaretnis yang masih sering terjadi di Indonesia umumnya terjadi karena adanya perbedaan atau kesenjangan ........
A. budaya masyarakat
B. keyakinan masyarakat
C. latar belakang sejarah
D. sosial ekonomi
E. individu/kelompok
17. Penyelesaian konflik antara GAM dan Indonesia melalui meja perundingan yang difasilitasi oleh sebuah LSM dari Finlandia merupakan penyelesaian konflik dalam bentuk ........
A. koersi
B. konsiliasi
C. negosiasi
D. arbitrasi
E. mediasi
18. Perhatikan gambar berikut!
Keterangan :
2. Pegawai
3. Rakyat
Kesimpulan dari gambar di atas adalah ........
B. kelas menengah memiliki kekayaan dan jumlah anggota minoritas
C. kelas bawah tergolong tidak mampu dan jumlah anggota minoritas
D. kelas atas memiliki kekayaan banyak dan jumlah anggota minoritas
E. kelompok menengah dan bawah berpendapatan rendah
15. Diferensiasi sosial dapat terjadi akibat perbedaan individu dalam apresiasinya terhadap seni. Berdasarkan pernyataan tersebut, berarti penggolongan masyarakat dapat didasarkan atas ........
A. jenis kelamin
B. sosial budaya
C. suku bangsa
D. ciri fisik
E. jenis pekerjaan
16. Konflik antaretnis yang masih sering terjadi di Indonesia umumnya terjadi karena adanya perbedaan atau kesenjangan ........
A. budaya masyarakat
B. keyakinan masyarakat
C. latar belakang sejarah
D. sosial ekonomi
E. individu/kelompok
17. Penyelesaian konflik antara GAM dan Indonesia melalui meja perundingan yang difasilitasi oleh sebuah LSM dari Finlandia merupakan penyelesaian konflik dalam bentuk ........
A. koersi
B. konsiliasi
C. negosiasi
D. arbitrasi
E. mediasi
18. Perhatikan gambar berikut!
Keterangan :
A = Suku Jawa
B = Suku Minang
I = Islam
II = Kristen
Gambar di atas dapat menunjukkan interseksi sosial antara ........
A. keturunan dan kelahiran
B. daerah asal dan keturunan
C. keturunan dan suku bangsa
D. daerah asal dan agama
E. agama dan suku bangsa
19. Beberapa faktor sosial:
1. individu di lapisan atas terbatas
2. tingkat pendidikan yang rendah
3. keinginan melihat daerah lain
4. sudah puas dengan apa yang dimiliki
Yang merupakan faktor penghambat mobilitas sosial adalah ........
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
20. Seorang yang memiliki latar belakang sebagai guru SD berhasil menjadi pengusaha yang sukses (konglomerat). Contoh tersebut menunjukkan telah terjadi mobilitas ........
A. horizontal
B. vertikal naik
C. vertikal turun
D. antargenerasi
E. intra generasi
21. Seorang gadis melangsungkan pernikahan dengan pria dari keluarga yang punya kedudukan lebih tinggi, sehingga menyebabkan status sosialnya naik.
Dalam kasus tersebut lembaga perkawinan berfungsi sebagai ........
A. saluran mobilitas sosial
B. sebab perubahan sosial
C. faktor pendorong interaksi sosial
D. faktor penentu pelapisan sosial
E. pendorong interaksi sosial
22. Bangsa Indonesia merupakan masyarakat multikultural yang terdiri dari sekitar 656 suku bangsa, 360 bahasa lokal serta berbagai wujud budaya lainnya. Faktor utama yang menjadi sumber terjadinya kemajemukan masyarakat Indonesia tersebut adalah ........
A. nenek moyang bangsa Indonesia berasal dan berbagai daerah
B. bangsa Indonesia dibangun dari berbagai macam ras
C. letak wilayah Indonesia yang sangat strategis
D. adanya pengaruh budaya asing yang masuk
E. keadaan geografis Indonesia beraneka ragam
23. Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman kelompok sosial ekonomi dalam bidang pertanian yang berbeda antara persawahan dan perkebunan. Faktor penyebab terjadinya kemajemukan itu adalah perbedaan ........
A. struktur tanah
B. asal mula nenek moyang
C. warisan zaman penjajahan
D. integrasi dan budaya nasional
E. perubahan sosial masyarakat
24. Kemajemukan masyarakat Indonesia berdasarkan jenis agama ditandai dengan keanekaragaman dalam hal cara beribadah berdasarkan ........
A. asal usul agama
B. para penyebar agama
C. ajaran dalam kitab suci
D. para tokoh agama
E. tempat ibadahnya
25. Kemajemukan sosial ekonomi di Indonesia terlihat dalam berbagai suku bangsa dengan mata pencaharian yang beragam. Sebagai contoh suku Madura bermata pencaharian nelayan, suku Jawa bermata pencaharian petani, suku Asmat bermata pencaharian berburu, dan sebagainya.
Dari fakta tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terjadinya kemajemukan mata pencaharian di Indonesia dipengaruhi oleh faktor ........
A. iklim dan struktur tanah yang berbeda
B. luas wilayah yang berbeda-beda
C. pengaruh kebudayaan asing yang modern
D. keadaan geografis Indonesia yang berubah
E. kondisi lingkungan sekitar yang baru
26. Keragaman agama yang dianut oleh masyarakat Indonesia disebabkan oleh kondisi sosial di masa lalu, yaitu ........
A. sistem sosial masyarakat yang terbuka
B. penjajahan dan perdagangan asing di Indonesia
C. Indonesia terdiri dari pulau-pulau yang beragam
D. Indonesia terdapat bermacam-macam suku bangsa
E. penganut agama di Indonesia berdasarkan kepercayaan
27. Politik aliran yang berkembang di Indonesia diwujudkan dengan banyaknya partai politik. Dampak positif yang timbul dari sistem politik tersebut adalah ........
A. adanya sikap saling curiga
B. beragam saluran aspirasi
C. kehidupan yang harmonis
D. timbulnya dominasi mayoritas
E. diskriminasi dalam masyarakat
28. Kerusuhan antarsuporter dalam Liga Djarum Indonesia 2007, seperti suporter Persita Tangerang dengan Persitara Jakarta Utara, dan suporter Persija Jakarta dengan Persib Bandung, merupakan contoh negatif perilaku masyarakat multikultural yang didasari ........
A. materialisme
B. fanatisme
C. rasialisme
D. nasionalisme
E. hedonisme
29. Berkembangnya telepon selular (HP) yang di dalamnya terdapat kamera, menyebabkan banyak beredar gambar porno di kalangan pelajar SMA. Realitas tersebut menunjukkan gejala ........
A. pergaulan bebas di kalangan pelajar
B. fungsi telepon selular makin beragam
C. telepon selular makin efektif dan efisien
D. adanya ekses negatif kemajuan teknologi
E. persaingan bisnis telepon selular
30. Perubahan penggunaan mesin ketik ke komputer, mencari berita dari koran ke internet, serta pengiriman uang lewat ATM merupakan perubahan dalam pengertian ........
A. modernisasi
B. sekularisasi
C. globalisasi
D. westernisasi
E. demokratisasi
31. Kecenderungan masyarakat untuk menabung guna menyejahterakan dirinya di masa mendatang merupakan contoh dampak positif dari perubahan sosial di bidang ........
A. ekonomi masyarakat
B. politik kenegaraan
C. hukum yang berlaku
D. pemahaman agama
E. pendidikan tinggi
32. Manusia dan lingkungan alam merupakan satu kesatuan ekosistem. Namun seringkali masyarakat melakukan pembangunan tanpa memperhatikan kenyataan tersebut, sehingga berakibat ........
A. kesenjangan sosial ekonomi
B. kriminalitas di masyarakat
C. lunturnya jati diri bangsa
D. pencemaran lingkungan
E. disorganisasi sosial-budaya
33. Lembaga sosial yang menurut manfaatnya dianggap sangat penting untuk menuntun manusia dalam rangka menemukan kedamaian hakiki adalah ........
A. lembaga adat
B. lembaga hukum
C. lembaga agama
D. lembaga ekonomi
E. lembaga politik
34. Keluarga adalah lembaga sosial utama dalam masyarakat. Fungsi esensial dari lembaga keluarga adalah ........
A. tulang punggung ekonomi negara
B. saluran untuk melanjutkan keturunan
C. mewariskan kepercayaan/agama kepada anak
D. tempat berkembangnya ideologi informal
E. tempat melakukan perubahan sosial
35. Fungsi dari lembaga agama bagi kepentingan integrasi kelompok intern umat adalah ........
A. membagi komunitas berdasarkan kelas secara vertikal
B. mempersatukan komunitas atas dasar keyakinan
C. memberi ketenangan batin bagi individu/kelompok
D. meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat
E. terciptanya keteraturan sosial dalam masyarakat
36. Ani melakukan penelitian tentang pengaruh televisi terhadap penurunan prestasi belajar siswa SMA. Ia memberi instrumen penelitian kepada sejumlah siswa tanpa melihat kelas, tingkat kepandaian, usia, jenis kelamin, maupun penghasilan orang tua.
Teknik pengambilan sampel yang dilakukan Ani adalah ........
A. random sampling
B. stratified sampling
C. cluster sampling
D. area sampling
E. probability sampling
37. Norman melakukan penelitian tentang penyebab kesulitan belajar siswa SMA tempat ia bersekolah. Kenyataan yang dilihat dan melatarbelakangi adalah teman-temannya belum optimal dalam belajar karena rendahnya motivasi belajar, atau kekurangan bahan sumber belajar, atau banyaknya beban tugas rumah dan setiap pengajar, atau tayangan televisi lebih menarik daripada membaca buku.
Latar belakang penelitian tersebut dirumuskan berdasarkan cara berpikir ........
A. faktual
B. rasional
C. kompeten
D. emosional
E. komprehensif
38. Berikut ini yang merupakan kelemahan angket atau kuesioner berstruktur dibandingkan dengan wawancara adalah ........
A. jawaban angket terbatas dibandingkan dengan wawancara
B. angket lebih mudah memperoleh responden daripada wawancara
C. angket dapat menjangkau responden yang banyak daripada wawancara
D. jawaban angket lebih mendalam dibandingkan wawancara
E. angket mudah diperbanyak sesuai kebutuhan daripada wawancara
39. Data jumlah kelulusan siswa SMA
Dari grafik di atas, dapat diperoleh informasi bahwa ........
A. siswa laki-laki lebih berprestasi
B. siswa wanita lebih rajin dalam belajar
C. jumlah siswa SMA lebih banyak wanita
D. jumlah lulusan SMA lebih banyak wanita
E. jumlah siswa SMA laki-laki semakin banyak
40. Setelah penulisan laporan penelitian selesai, laporan tersebut dapat didiskusikan di dalam kelas. Di bawah ini adalah beberapa manfaat diskusi hasil penelitian, kecuali ........
A. siswa berani untuk mengeluarkan pendapat
B. siswa mampu berpikir secara kritis dan inovatif
C. memupuk rasa toleransi antarsiswa pasca diskusi kelas
D. siswa mampu mengemukakan pendapat menurut kemauannya
E. siswa berani tampil untuk mempraktikkan apa yang telah ditelitinya
B = Suku Minang
I = Islam
II = Kristen
Gambar di atas dapat menunjukkan interseksi sosial antara ........
A. keturunan dan kelahiran
B. daerah asal dan keturunan
C. keturunan dan suku bangsa
D. daerah asal dan agama
E. agama dan suku bangsa
19. Beberapa faktor sosial:
1. individu di lapisan atas terbatas
2. tingkat pendidikan yang rendah
3. keinginan melihat daerah lain
4. sudah puas dengan apa yang dimiliki
Yang merupakan faktor penghambat mobilitas sosial adalah ........
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
20. Seorang yang memiliki latar belakang sebagai guru SD berhasil menjadi pengusaha yang sukses (konglomerat). Contoh tersebut menunjukkan telah terjadi mobilitas ........
A. horizontal
B. vertikal naik
C. vertikal turun
D. antargenerasi
E. intra generasi
21. Seorang gadis melangsungkan pernikahan dengan pria dari keluarga yang punya kedudukan lebih tinggi, sehingga menyebabkan status sosialnya naik.
Dalam kasus tersebut lembaga perkawinan berfungsi sebagai ........
A. saluran mobilitas sosial
B. sebab perubahan sosial
C. faktor pendorong interaksi sosial
D. faktor penentu pelapisan sosial
E. pendorong interaksi sosial
22. Bangsa Indonesia merupakan masyarakat multikultural yang terdiri dari sekitar 656 suku bangsa, 360 bahasa lokal serta berbagai wujud budaya lainnya. Faktor utama yang menjadi sumber terjadinya kemajemukan masyarakat Indonesia tersebut adalah ........
A. nenek moyang bangsa Indonesia berasal dan berbagai daerah
B. bangsa Indonesia dibangun dari berbagai macam ras
C. letak wilayah Indonesia yang sangat strategis
D. adanya pengaruh budaya asing yang masuk
E. keadaan geografis Indonesia beraneka ragam
23. Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman kelompok sosial ekonomi dalam bidang pertanian yang berbeda antara persawahan dan perkebunan. Faktor penyebab terjadinya kemajemukan itu adalah perbedaan ........
A. struktur tanah
B. asal mula nenek moyang
C. warisan zaman penjajahan
D. integrasi dan budaya nasional
E. perubahan sosial masyarakat
24. Kemajemukan masyarakat Indonesia berdasarkan jenis agama ditandai dengan keanekaragaman dalam hal cara beribadah berdasarkan ........
A. asal usul agama
B. para penyebar agama
C. ajaran dalam kitab suci
D. para tokoh agama
E. tempat ibadahnya
25. Kemajemukan sosial ekonomi di Indonesia terlihat dalam berbagai suku bangsa dengan mata pencaharian yang beragam. Sebagai contoh suku Madura bermata pencaharian nelayan, suku Jawa bermata pencaharian petani, suku Asmat bermata pencaharian berburu, dan sebagainya.
Dari fakta tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terjadinya kemajemukan mata pencaharian di Indonesia dipengaruhi oleh faktor ........
A. iklim dan struktur tanah yang berbeda
B. luas wilayah yang berbeda-beda
C. pengaruh kebudayaan asing yang modern
D. keadaan geografis Indonesia yang berubah
E. kondisi lingkungan sekitar yang baru
26. Keragaman agama yang dianut oleh masyarakat Indonesia disebabkan oleh kondisi sosial di masa lalu, yaitu ........
A. sistem sosial masyarakat yang terbuka
B. penjajahan dan perdagangan asing di Indonesia
C. Indonesia terdiri dari pulau-pulau yang beragam
D. Indonesia terdapat bermacam-macam suku bangsa
E. penganut agama di Indonesia berdasarkan kepercayaan
27. Politik aliran yang berkembang di Indonesia diwujudkan dengan banyaknya partai politik. Dampak positif yang timbul dari sistem politik tersebut adalah ........
A. adanya sikap saling curiga
B. beragam saluran aspirasi
C. kehidupan yang harmonis
D. timbulnya dominasi mayoritas
E. diskriminasi dalam masyarakat
28. Kerusuhan antarsuporter dalam Liga Djarum Indonesia 2007, seperti suporter Persita Tangerang dengan Persitara Jakarta Utara, dan suporter Persija Jakarta dengan Persib Bandung, merupakan contoh negatif perilaku masyarakat multikultural yang didasari ........
A. materialisme
B. fanatisme
C. rasialisme
D. nasionalisme
E. hedonisme
29. Berkembangnya telepon selular (HP) yang di dalamnya terdapat kamera, menyebabkan banyak beredar gambar porno di kalangan pelajar SMA. Realitas tersebut menunjukkan gejala ........
A. pergaulan bebas di kalangan pelajar
B. fungsi telepon selular makin beragam
C. telepon selular makin efektif dan efisien
D. adanya ekses negatif kemajuan teknologi
E. persaingan bisnis telepon selular
30. Perubahan penggunaan mesin ketik ke komputer, mencari berita dari koran ke internet, serta pengiriman uang lewat ATM merupakan perubahan dalam pengertian ........
A. modernisasi
B. sekularisasi
C. globalisasi
D. westernisasi
E. demokratisasi
31. Kecenderungan masyarakat untuk menabung guna menyejahterakan dirinya di masa mendatang merupakan contoh dampak positif dari perubahan sosial di bidang ........
A. ekonomi masyarakat
B. politik kenegaraan
C. hukum yang berlaku
D. pemahaman agama
E. pendidikan tinggi
32. Manusia dan lingkungan alam merupakan satu kesatuan ekosistem. Namun seringkali masyarakat melakukan pembangunan tanpa memperhatikan kenyataan tersebut, sehingga berakibat ........
A. kesenjangan sosial ekonomi
B. kriminalitas di masyarakat
C. lunturnya jati diri bangsa
D. pencemaran lingkungan
E. disorganisasi sosial-budaya
33. Lembaga sosial yang menurut manfaatnya dianggap sangat penting untuk menuntun manusia dalam rangka menemukan kedamaian hakiki adalah ........
A. lembaga adat
B. lembaga hukum
C. lembaga agama
D. lembaga ekonomi
E. lembaga politik
34. Keluarga adalah lembaga sosial utama dalam masyarakat. Fungsi esensial dari lembaga keluarga adalah ........
A. tulang punggung ekonomi negara
B. saluran untuk melanjutkan keturunan
C. mewariskan kepercayaan/agama kepada anak
D. tempat berkembangnya ideologi informal
E. tempat melakukan perubahan sosial
35. Fungsi dari lembaga agama bagi kepentingan integrasi kelompok intern umat adalah ........
A. membagi komunitas berdasarkan kelas secara vertikal
B. mempersatukan komunitas atas dasar keyakinan
C. memberi ketenangan batin bagi individu/kelompok
D. meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat
E. terciptanya keteraturan sosial dalam masyarakat
36. Ani melakukan penelitian tentang pengaruh televisi terhadap penurunan prestasi belajar siswa SMA. Ia memberi instrumen penelitian kepada sejumlah siswa tanpa melihat kelas, tingkat kepandaian, usia, jenis kelamin, maupun penghasilan orang tua.
Teknik pengambilan sampel yang dilakukan Ani adalah ........
A. random sampling
B. stratified sampling
C. cluster sampling
D. area sampling
E. probability sampling
37. Norman melakukan penelitian tentang penyebab kesulitan belajar siswa SMA tempat ia bersekolah. Kenyataan yang dilihat dan melatarbelakangi adalah teman-temannya belum optimal dalam belajar karena rendahnya motivasi belajar, atau kekurangan bahan sumber belajar, atau banyaknya beban tugas rumah dan setiap pengajar, atau tayangan televisi lebih menarik daripada membaca buku.
Latar belakang penelitian tersebut dirumuskan berdasarkan cara berpikir ........
A. faktual
B. rasional
C. kompeten
D. emosional
E. komprehensif
38. Berikut ini yang merupakan kelemahan angket atau kuesioner berstruktur dibandingkan dengan wawancara adalah ........
A. jawaban angket terbatas dibandingkan dengan wawancara
B. angket lebih mudah memperoleh responden daripada wawancara
C. angket dapat menjangkau responden yang banyak daripada wawancara
D. jawaban angket lebih mendalam dibandingkan wawancara
E. angket mudah diperbanyak sesuai kebutuhan daripada wawancara
39. Data jumlah kelulusan siswa SMA
Dari grafik di atas, dapat diperoleh informasi bahwa ........
A. siswa laki-laki lebih berprestasi
B. siswa wanita lebih rajin dalam belajar
C. jumlah siswa SMA lebih banyak wanita
D. jumlah lulusan SMA lebih banyak wanita
E. jumlah siswa SMA laki-laki semakin banyak
40. Setelah penulisan laporan penelitian selesai, laporan tersebut dapat didiskusikan di dalam kelas. Di bawah ini adalah beberapa manfaat diskusi hasil penelitian, kecuali ........
A. siswa berani untuk mengeluarkan pendapat
B. siswa mampu berpikir secara kritis dan inovatif
C. memupuk rasa toleransi antarsiswa pasca diskusi kelas
D. siswa mampu mengemukakan pendapat menurut kemauannya
E. siswa berani tampil untuk mempraktikkan apa yang telah ditelitinya
1.
|
A
|
21.
|
A
|
2.
|
A
|
22.
|
E
|
3.
|
A
|
23.
|
A
|
4.
|
A
|
24.
|
B
|
5.
|
E
|
25.
|
A
|
6.
|
A
|
26.
|
B
|
7.
|
C
|
27.
|
B
|
8.
|
C
|
28.
|
B
|
9.
|
E
|
29.
|
D
|
10.
|
D
|
30.
|
A
|
11.
|
D
|
31.
|
A
|
12.
|
C
|
32.
|
D
|
13.
|
B
|
33.
|
C
|
14.
|
D
|
34.
|
B
|
15.
|
B
|
35.
|
B
|
16.
|
A
|
36.
|
A
|
17.
|
D
|
37.
|
A
|
18.
|
E
|
38.
|
A
|
19.
|
D
|
39.
|
D
|
20.
|
B
|
40.
|
D
|
ConversionConversion EmoticonEmoticon