Kunci Jawaban Soal PPKN Geopolitik dan Wawasan Nusantara


Jawaban Tugas Mandiri PPKN Kelas XI Semester 2 Halaman Bab 7




Kunci Jawaban Soal PPKN Geopolitik dan Wawasan Nusantara





1.      Apa yang di maksud dengan Geopolitik ?
2.      Bagaimana konsep dasar geopolitik Indonesia ?
3.      Apa makna wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia ?
4.      Bagaimana perwujudan wawasan nusantara sebagai konsep geopolitik Indonesia?
5.      Mengapa konsep federalisme tidak cocok diterapkan di Indonesia ?
6.      Apa saja yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia?
7.      Bagaimana caramu menunjukkan kebanggaan sebagai warga  negara Indonesia ?

Jawaban:

1.      Geopolitik berasal dari kata geo dan politik. Geo berarti bumi dan politik berasal dari bahasa Yunani politeia. Poli artinya kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri dan teia artinya urusan. Geopolitik merupakan Ilmu penyelenggaraan negara yang setiap kebijakannya dikaitkan dengan masalah –masalah geografi wilayah atau tempattinggal suatu bangsa. Geopolitik biasa juga di sebut dengan wawasan nusantara. Geopolitik diartikan sebagai sistem politik atau peraturan-peraturan dalam wujud kebijaksanaan dan strategi nasional yang didorong oleh aspirasi nasional geografik (kepentingan yang titik beratnya terletak pada pertimbangan geografi, wilayah atau territorial dalam arti luas) suatu Negara, yang apabila dilaksanakan dan berhasil akan berdampak langsung kepada system politik suatu Negara. Sebaliknya, politik Negara itu secara langsung akan berdampak pada geografi Negara yang bersangkutan. Geopolitik bertumpu pada geografi sosial (hukum geografis), mengenai situasi, kondisi, atau konstelasi geografi dan segala sesuatu yang dianggap relevan dengan karakteristik geografi suatu Negara. Maka kebijakan penyelenggaraan bernegara didasarkan atas keadaanatau tempat tinggal negara itu. Geopolitik juga bisa disebut wawasan nusantara.

2.      Konsep geopolitik Indonesia dibangun atas dasar konsepsi wawasan Nusantara. Indonesia memiliki pandangan sendiri mengenai wilayah yang dikaitkan dengan politik atau kekuasaan yang di dalamnya memuat 4 unsur yaitu: konsepsi ruang, konsepsi frontier, kekuatan politik dan keamanan bangsa. 

3.      yaitu suatu pandangan dimana Bangsa Indonesia dapat mengenali diri dan tanah airnya.

4.      Perwujudan wawasan nusantara sebagai konsep geopolitik Indonesia dapat dilihat dari kesatuan kepulauan nusantara Indonesia yang merupakan satu kesatuan (HANKAM)

5.      Karena konsep federalisme relevansinya sama sekali tidak berhubungan dg kebutuhan bangsa Indonesia.

6.      Keunggulan dari Bangsa Indonesia bisa dilihat dari sumber daya alamnya yang melimpah, panoramanya, serta Suku dan budaya Indonesia yang sangat banyak di bandingkan Negara Lain.

7.      Dengan cara tidak malu mengakui bahwa kita merupakan bagian dari warga negara Indonesia dan dengan meraih prestasi setinggi-tingginya.



Previous
Next Post »