Kunci Jawaban PPKN Kelas XI Semester 2 Halaman 40 Bab 7


Jawaban PPKN Kelas XI Semester 2 Halaman 40 Bab 7





Kunci Jawaban PPKN Kelas XI Semester 2 Halaman 40 Bab 7





UJI KOMPETENSI BAB 7

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas dan akurat!
1.      Jelaskan posisi silang negara Indonesia baik dari aspek kewilayahan maupun aspek kehidupan sosial!
2.      Mengapa posisi silang negara Indonesia bukan hanya merupakan potensi yang harus disyukuri, tetapi juga merupakan tantangan sekaligus ancaman bagi integrasi nasional?
3.      Jelaskan ancaman militer yang paling mengancam integrasi nasional bangsa Indonesia pada saat ini?
4.      Mengapa ideologi Pancasila tidak bisa dikatakan aman dari berbagai macam ancaman dalam pengimplementasian nilai-nilainya di masyarakat!
5.      Jelaskan strategi bangsa Indonesia dalam mengatasi ancaman-ancaman yang bersifat non-militer?
6.      Dalam hidupmu selama ini tentu telah menghadapi persoalan yang memerlukan  kewaspadaan agar dirimu dan orang lain selaras. Cobalah perhatika situasi yang  berkaitan dengan kewaspadaan di lingkungan sekolah dan masyarakat. Apa yang akan kamu lakukan apabila terjadi tawuran? Kemukan pula perasaanmu sebagai seorang warga negara ketika menghadapi tawuran yang terjadi di sekolah atau kampungmu?
Jawaban:
1.     Posisi indonesia dari aspek kewilayahan terletak di antara 2 benua yaitu asia dan australia, dari aspek kehidupan sosial dipengaruhi oleh beragam kehidupan sosial dan budaya seperti melayu, arab, maupun barat yg diwakili Australia.
2.     Posisi silang Indonesia merupakan posisi negara Indonesia yang terletak di antara dua samudera dan dua benua yang membawa keuntungan dan kerugian tertentu dalam aspek kehidupan. Untuk itu maka diperlukan Wawasan Nusantara pada pribadi setiap warga Indonesia. Wawasan Nusantara sendiri merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan segala aspek kehidupan yang beragam. Wawasan nusantara memiliki dua tujuan yaitu tujuan ke luar dan tujuan ke dalam. Wawasan nusantara berkaitan dengan Pancasila dan UUD 1945 yang berfungsi menjadi pedoman pokok berkehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat. Selain itu, wawasan nusantara juga berkaitan dengan ketahanan nasional yang berfungsi sebagai doktrin dasar pengaturan kehidupan nasional. Implementasi wawasan nusantara harus tercermin pada pola pikir, pola sikap, dan pola tindak yang senantiasa mendahulukan kepentingan bangsa daripada kepentingan pribadi. Sikap mementingkan diri sendiri adalah sikap egois. Namun begitu, jangan sampai menerapkan sifat chauvinisme dimana seseorang atau kelompok menganggap dirinya/kelompoknya/negaranya paling benar,intinya memandang rendah orang lain/kelompok lain /negara lain.
3.     Menurut saya yang dapat mengancam Integrasi nasional melalui militer adalah Terpecahnya TNI menjadi beberapa kubu sehingga dapat memunculkan konflik berkepanjangan sehingga memungkinkan terjadinya perang Saudara antar TNI yang berkelanjutan yang dapat membuat Integrasi nasional bangsa Indonesia terpecah.
4.     Karna sebagian masyarakat masyarakatnya belom memahami tentang isi apa itu pancasila dan bagaimana perjuangan indonesia tentang semua itu dan terbentuknya pancasila itu
5.     Dengan cara memperketat nilai hukum yang ada di indonesia agar para kejahatan lebih takut dengan adanya hukum yang udah di tetapkan jadi indonesia akan aman dan tentram terhindar dari kejahatan

6.     Menurut saya tawuran hanya membuang buang waktu juga membahayakan keselamatan .jika tawuran terjadi terus menerus akan banyak jatuhnya korban ,kita sebagai warga negara harus besikap saling menghargai dan tentunya kita harus menyelesaikan permasalahan dengan kepala dingin tanpa ada tawuran itu sendiri , saya merasa kecewa banget kenapa sesama di dalam negara ini terjadi pertengkaran dan permasalahan? mengapa? kecewa banget rasanya.



Previous
Next Post »