Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Halaman 73
1.
Preposisi atau kata depan adalah kata tugas
yang berfungsi sebagai unsur pembentuk frasa preposisional. Dalam bahasa
Indonesia preposisi ditempatkan di bagian awal frasa dan diikuti oleh nomina,
adjektiva, atau verba. Beberapa preposisi yang terdapat di dalam bahasa Indonesia,
seperti di, ke, pada, dari, secara, dan bagi. Cermati beberapa contoh preposisi
pada kalimat berikut, lalu temukan kalimat lain yang menggunakan preposisi.
Tuliskan jawaban kalian pada rumpang dalam kolom di sebelah kanan.
Preposisi
|
Kalimat
|
Di
|
(1) Rara tinggal di sebuah
rumah tidak berjendela yang terbuat dari seng, tripleks, dan kayu bekas di
salah satu kawasan permukiman kumuh.
(2) Kondisi rumah tersebut membuat
Rara terobsesi untuk memiliki sebuah rumah berjendela. Sebuah impian yang
harus ia bayar mahal di kemudian hari.
(3) Tradisi film musikal yang
dikembangkan di Hollywood mengacu pada kecenderungan
film-film musikal klasik
(4) Gadis cilik yang sesekali bekerja
sebagai ojek payung di sanggar lukis tempat Aldo belajar.
|
Dari
|
(1) Kisah di dalam film tersebut
terinspirasi dari model biner dalam dongeng moral
berjudul The Prince and The Pauper karya Mark Twain.
(2) Sang pangeran adalah tokoh Aldo, seorang
anak laki-laki dari keluarga kaya-raya dengan sindrom mental,
yang membuatnya mengalami “penolakan” dari komunitasnya
(anggota keluarga).
(3) Rara tinggal di sebuah rumah tidak
berjendela yang terbuat dari seng, tripleks, dan kayu bekas di
salah satu kawasan permukiman kumuh.
(4) anak-anak menjadi “penanda”
dari kelahiran atau takdir manusia.
|
Pada
|
(1) Dongeng semacam inilah yang
ditawarkan Rumah Tanpa Jendela pada penonton yang
mereka sasar, tak lain tentu anak-anak kelas menengah atas yang mampu
mengakses bioskop sebagai bagian dari leisure activity.
(2) Kekurangan pada diri
Aldo yang mewakili aspek natural takdir disandingkan dengan kemiskinan Rara
(3) Penekanan pada kolektivitas
ini merupakan salah satu “karateristik” film musikal klasik Hollywood yang
ingin menjual ideide
(4) film musikal sendiri menawarkan
utopia dalam bentuk hiburan dengan mengacu pada diri sendiri (self-reference).
|
Dengan
|
(1) Permasalahan yang dimiliki
anak-anak ini diperlihatkan sebagai sesuatu yang alami dengan lebih
menekankan cara menghadapi permasalahan alih-alih mempertanyakan penyebabnya
(2) bentuk hiburan dengan mengacu
pada diri sendiri (self-reference).
(3) terutama berkaitan dengan gender,
ras, agama, latar belakang, atau temperamen.
(4) Sementara itu, kemewahan rumah
Aldo dengan banyak jendela menularkan obsesi untuk memiliki rumah
berjendela di kalangan teman-teman Rara.
|
Secara
|
(1) Mengikuti tradisi opposite
attracks, Aldo dan Rara bertemu secara tidak sengaja dalam sebuah kecelakaan
kecil. Sejak itu mereka bersahabat.
(2) dalam perbedaan, baik secara struktur
sosial-ekonomi maupun kondisi fisik/mental.
(3) kewajiban membalas budi tanpa
perlu mengorbankan kenyamanan dengan berbagi kepemilikan ataupun terlibat
secara dekat
|
Tanpa
|
(1) Jendela dalam film “Rumah Tanpa
Jendela” merupakan sebuah metafora yang mengena. Jendela memungkinkan
seseorang untuk mengakses dunia lain (dari dalam atau dari luar) tanpa
meninggalkan tempatnya.
(2) Jendela memungkinkan seseorang
untuk mengakses dunia lain (dari dalam atau dari luar) tanpa meninggalkan
tempatnya.
(3) keterbatasan materialnya:
rumah tanpa jendela, sekolah seadanya, dan kerja sampingan
|
Bagi
|
(1)
Lebih jauh lagi, kemalangan Rara tersebut digunakan sebagai pelajaran
yang bisa dipetik bagi keluarga Aldo, bahwa mereka harus
bersyukur atas semua yang mereka punyai (harta dan keluarga yang utuh),
sementara ada orang-orang yang tidak berpunya seperti Rara
|
3 comments
Click here for commentsSebagai Rasa TERIMA KASIH
ReplyBudayakan KOMENTAR yaaa.... :-d
Thanks to youu.. sangat membantuuu
ReplyBagussss bangettt !!! lanjutkannn ^^
ReplyConversionConversion EmoticonEmoticon