Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas XI Halaman 73

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Halaman 73




Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Halaman 73








1.    Preposisi atau kata depan adalah kata tugas yang berfungsi sebagai unsur pembentuk frasa preposisional. Dalam bahasa Indonesia preposisi ditempatkan di bagian awal frasa dan diikuti oleh nomina, adjektiva, atau verba. Beberapa preposisi yang terdapat di dalam bahasa Indonesia, seperti di, ke, pada, dari, secara, dan bagi. Cermati beberapa contoh preposisi pada kalimat berikut, lalu temukan kalimat lain yang menggunakan preposisi. Tuliskan jawaban kalian pada rumpang dalam kolom di sebelah kanan.

Preposisi
Kalimat
Di
(1)   Rara tinggal di sebuah rumah tidak berjendela yang terbuat dari seng, tripleks, dan kayu bekas di salah satu kawasan permukiman kumuh.
(2)   Kondisi rumah tersebut membuat Rara terobsesi untuk memiliki sebuah rumah berjendela. Sebuah impian yang harus ia bayar mahal di kemudian hari.
(3)   Tradisi film musikal yang dikembangkan di Hollywood mengacu pada kecenderungan film-film musikal klasik
(4)   Gadis cilik yang sesekali bekerja sebagai ojek payung di sanggar lukis tempat Aldo belajar.
Dari
(1)   Kisah di dalam film tersebut terinspirasi dari model biner dalam dongeng moral berjudul The Prince and The Pauper karya Mark Twain.
(2)   Sang pangeran adalah tokoh Aldo, seorang anak laki-laki dari keluarga kaya-raya dengan sindrom mental, yang membuatnya mengalami “penolakan” dari komunitasnya (anggota keluarga).
(3)   Rara tinggal di sebuah rumah tidak berjendela yang terbuat dari seng, tripleks, dan kayu bekas di salah satu kawasan permukiman kumuh.
(4)   anak-anak menjadi “penanda” dari kelahiran atau takdir manusia.
Pada
(1)   Dongeng semacam inilah yang ditawarkan Rumah Tanpa Jendela pada penonton yang mereka sasar, tak lain tentu anak-anak kelas menengah atas yang mampu mengakses bioskop sebagai bagian dari leisure activity.
(2)   Kekurangan pada diri Aldo yang mewakili aspek natural takdir disandingkan dengan kemiskinan Rara
(3)   Penekanan pada kolektivitas ini merupakan salah satu “karateristik” film musikal klasik Hollywood yang ingin menjual ideide
(4)   film musikal sendiri menawarkan utopia dalam bentuk hiburan dengan mengacu pada diri sendiri (self-reference).
Dengan
(1)   Permasalahan yang dimiliki anak-anak ini diperlihatkan sebagai sesuatu yang alami dengan lebih menekankan cara menghadapi permasalahan alih-alih mempertanyakan penyebabnya
(2)   bentuk hiburan dengan mengacu pada diri sendiri (self-reference).
(3)   terutama berkaitan dengan gender, ras, agama, latar belakang, atau temperamen.
(4)   Sementara itu, kemewahan rumah Aldo dengan banyak jendela menularkan obsesi untuk memiliki rumah berjendela di kalangan teman-teman Rara.
Secara
(1)   Mengikuti tradisi opposite attracks, Aldo dan Rara bertemu secara tidak sengaja dalam sebuah kecelakaan kecil. Sejak itu mereka bersahabat.
(2)   dalam perbedaan, baik secara struktur sosial-ekonomi maupun kondisi fisik/mental.
(3)   kewajiban membalas budi tanpa perlu mengorbankan kenyamanan dengan berbagi kepemilikan ataupun terlibat secara dekat
Tanpa
(1)   Jendela dalam film “Rumah Tanpa Jendela” merupakan sebuah metafora yang mengena. Jendela memungkinkan seseorang untuk mengakses dunia lain (dari dalam atau dari luar) tanpa meninggalkan tempatnya.
(2)   Jendela memungkinkan seseorang untuk mengakses dunia lain (dari dalam atau dari luar) tanpa meninggalkan tempatnya.
(3)   keterbatasan materialnya: rumah tanpa jendela, sekolah seadanya, dan kerja sampingan
Bagi
(1)   Lebih jauh lagi, kemalangan Rara tersebut digunakan sebagai pelajaran yang bisa dipetik bagi keluarga Aldo, bahwa mereka harus bersyukur atas semua yang mereka punyai (harta dan keluarga yang utuh), sementara ada orang-orang yang tidak berpunya seperti Rara





Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
Anonymous
admin
May 6, 2015 at 9:17 PM ×

Sebagai Rasa TERIMA KASIH

Budayakan KOMENTAR yaaa.... :-d

Reply
avatar
Anonymous
admin
May 14, 2015 at 9:20 PM ×

Thanks to youu.. sangat membantuuu

Reply
avatar
Anonymous
admin
May 25, 2015 at 11:53 AM ×

Bagussss bangettt !!! lanjutkannn ^^

Reply
avatar