Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas XI Halaman 68

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Halaman 68





Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Halaman 68







1.    Selain nomina dasar, di dalam model teks ulasan tersebut juga terdapat banyak nomina turunan. Pada umumnya nomina turunan dibentuk dengan menambahkan prefix, sufiks, atau konfiks pada kata dasar. Amati beberapa contoh nomina turunan pada kolom berikut. Setelah itu, coba kalian cari nomina turunan lain di dalam teks. Tuliskan jawaban kalian pada rumpang di dalam kolom.
Nomina Turunan
Pe-+N
Peng-+N+-an
N+-an
Per-+-an
Ke-+N+-an
penanda
penolakan
impian
permukiman
Kecenderungan
penerimaaan
pemenuhan
rangkaian
pertemanan
Kemewahan

penyederhanaan
kalangan
persahabatan
kebutuhan

pelajaran
hiburan
permasalahan
kecelakaan

Pemaknaan

perbedaan
kepemilikan

penawaran


kenyamanan

2.    Pronomina adalah kata yang dipakai untuk mengacu nomina yang lain. Teks ulasan film atau drama pada umumnya didominasi oleh pronomina orang ketiga, seperti ia dan –nya. Selain itu, ada pula sebutan untuk nama tokoh. Cermati contoh berikut, lalu coba kalian cari kalimat yang mengusung pronomina di dalam model teks ulasan.
pronomina
Contoh kalimat
Orang ketiga:
ia dan -nya
(1)  Namun, keinginan Rara itu dimaknai sebagai keinginan yang berlebihan ketika ia “dihukum” dengan kompensasi yang harus ia bayar.

(2)  Logika pemaknaan tersebut bekerja ketika Rara yang larut dalam kesenangan borjuis (pesta ulang tahun kakak Aldo) pulang untuk menemukan rumahnya habis terbakar, Si Mbok tergeletak koma dan ayahnya meninggal dunia.

(3)  Keinginan Rara untuk memiliki sesuatu, alih-alih dimaknai sebagai hasrat kepemilikan yang lumrah dimiliki semua orang, justru dianggap sebagai sesuatu yang menyalahi/mengingkari takdirnya sebagai orang yang tidak berpunya.

(4)  Kondisi rumah tersebut membuat Rara terobsesi untuk memiliki sebuah rumah berjendela. Sebuah impian yang harus ia bayar mahal di kemudian hari.




Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
May 9, 2015 at 8:15 AM ×

thks, postnya membantu.
izin lihat post yang lain

Congrats bro Aniezh Kurniatie you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar